Trip To Eats

Simple guide to your taste and travel
Jajanan Makanan Korea
Eats

MuGungHwa: Makanan Korea dan Supermarket Korea Favorit

Mu Gung Hwa sudah populer sejak lama sebagai supermarket Korea yang paling lengkap se-Jakarta. Sudah sejak lama saya selalu belanja bahan-bahan makanan Korea yang berawal dari kesukaan saya dengan susu pisang Bingrae yang hanya dijual di supermarket ini (sayangnya tidak lagi dijual disini). Tapi semenjak teknologi semakin canggih (terutama Youtube), niat membeli produk jadi asal Korea berubah menjadi keinginan untuk memasak makanan Korea yang membuat saya jadi sering ke tempat ini.

Aneka snack Korea

Setelah sekian lama tidak belanja di Mu Gung Hwa, adik saya memberi tahu bahwa Mu Gung Hwa ekspansi dengan juga menjual makanan Korea yang dikemas dengan konsep kantin. Jadi jangan berharap bahwa tempat makannya akan besar. Tampaknya pembeli diharapkan membawa pulang makanan mereka terutama di snack corner di lantai satu. Jika ingin makan di tempat dengan menu makanan lebih lengkap bisa ke lantai dua yang lokasi bersebelahan dengan toko roti, Bon Bread, yang juga brand Korea.

Gimale Goreng (Twigim)

Hampir semua jenis makanan Korea yang pernah saya tonton di drama dan reality show Korea dijual disini. Harganya, jelas lebih terjangkau daripada di resoran yang ada di mal. Meski tidak semurah itu juga menurut saya. Tapi serunya adalah (setahu saya) hanya di kantin Mu Gung Hwa ini yang menjual Sundae (sosis isi darah babi) dan Twigim (gorengan Korea). Berhubung saya tidak makan daging babi, jadi saya mencoba Twigim, yang di kantin ini disebut Gimale Goreng. Ini adalah perpaduan bihun korea yang dimasak dengan bumbu mirip Japchae dibungkus rumput laut lalu digoreng tepung, persis tempura. Disajikan bersama saus kecap asin (yang saya tidak tahun persis bumbunya). Rasanya enak banget, seperti makan risol goreng dengan saus asin pedas.

Sosis Keju Goreng

Sering banget lihat di drama atau reality show Korea, street food saat sedang ke pasar adalah gorengan sebesar lengan anak kecil yang ditusuk dengan batang kayu. Ini juga bisa ditemukan di kantin Mu Gung Hwa ini. Pilhannya ada sosis saja, sosis isi keju, dan lain sebagainya. Karena saya penyuka keju, jadi memilih sosis dan keju. Topping sausnya juga bisa dipesan sesuai selera. Saya memilih spicy mayo dan saos tomat. Ukurannya besar banget, puas meski hanya makan satu snack ini saja.

Seperti di Korea, saat memesan mi korea (ramyeon) akan disajikan bersama kimchi yang enak rasanya menurut saya, mungkin karena pemilik Mu Gung Hwa adalah orang Korea asli. Sementara untuk ramyeon dihidangkan di dalam panci tembaga lengkap sudah dicampur dengan telur dan daun bawang. Persis seperti selera orang Korea.

Selain menu-menu tadi yang saya pesan, pelanggan masih bisa memesan Kimbap, Tteokboki, Rabeokki, Guksu, Bokeumbap, dan masih banyak lagi. Untuk porsi dan harga, cukup terjangkau kalu kalian ingin makan 3-4 orang (share portion).

 

MU GUNG HWA

JALAN SENAYAN

BLOK S NO.43

JAKARTA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *